Selasa, 22 November 2011

SURVIVAL


Namanya mirip situs yg harus dilewati saat kita menuju Mahameru (nama puncak G.Semeru)
Tapi hanya nama dan kuntur tanah yg mirip, sama sama mempunyai padang savana 
(oro oro ombo ) dan kemiringan tanah yg menghabiskan stamina disaat kita melakukan climbing.
Perbedaan yg jomplang adalah suhu udara.
Di Semeru cukup sejuk - dingin Tanjakan Cinta yg di Bontang sini, khas zona khatulistiwa.....puaaanaaasss poll.
ImageImage
Dinamakan Tanjakan Cinta, disamping lokasi dan ordinatnya berada diatas sebuah danau yg namanya Danau Cinta (diujung desa kan'an ) - yang akan ikutan gowes melewati situs ini hanyalah " pecinta MTB seja[i]ti " mengingat tindak saja tanjakannya yg ehhmm...menguras stamina namun jalur downhillnya juga cukup menggugah adrenalain kita.
Bagi biker abal abal maaf...pastinya anda tidak datang bukan...

Sebagai pelaris Gowes pertama ke jalur ini 3 oct 2009 sudah harus memakan tumbal : BSQ muntah-2 dan berkunang kunang, Hendra akhirnya juga harus kejang kedua paha sampai sesak nafas...wuiihh seru.

Mungkin bagi anda yang tidak ikutan Biking Adventure pagi ini tidak akan percaya bahwa Landscape Bontang High Land yg indah bak bukit Teletubies di Tengger ini, hanya ditempuh setengah jam gowes Fun Bike dari Sekretariat PET Biking Adventure....luar biasa.
Bontang memang kaya dengan jalur single track tanpa harus mengeluarkan cost transport dan akomodasi, seperti halnya teman teman MTBer di kota kota besar.
ImageImage
Jalur On road sebagai pembuka, diawali dengan Fun Bike memasuki desa Kana'an dan berakhir tanjakan yg halus di ujung desa itu, walaupun masih dlm jalur on road pagi itu pukul 08.00 matahari di kota Bontang sepertinya semakin mendekat ke bumi saja....perkiraan sudah mencapai 32 deg.C.
Belum memasuki jalur XC, jersey kita sudah basah keringat abis.
Selanjutnya kita sudah masuk XC dengan batu batu cadas yg berserakan serta kemiringan countur tanah yg mulai drastis, mengharuskan kita harus trampil memainkan shifter agar ratio gear sesuai dengan kemampuan phisik kita.

Alhasil di pintu gerbang Tanjakan Cinta ini, teman-2 yg memaksakan dengan midle gear bermaksud untuk sesegera mungkin menyelesaikan climbing yg penuh skill ini, berakhir dengan TTB.
Dengan midle gear kalau kita ngga siap phisik & trick memang bisa dipastikan roda belakang kita spin dan selebihnya muntah dan berkunang kunang ( apalagi yg dah lama mangkir.....puuuiiihhh )
ImageImageImageImage

Selanjutanya jalur masih berlanjut climbing single track dengan membelah ilalang setinggi masnusia dewasa dikiri kanan track.
Asyiikk, biasanya jalur beginian paling disuka para MTBer, dan terbukti biker yg tadi pusing-2 mulai tampak ceria dan agresif.

Ahh..akhirnya nyampe juga kami di vertical limitnya TANJAKAN CINTA.
Dikiri kanan kami terhampar Padang savana yg betul betul indah Bak " TANJAKAN CINTA " aslinya yg di Ranukumbolo.
Kita tetapkan vertical limit ini sbg.check point untuk mengingatkan teman-2 SOP downhill bahwa selanjutnya kita akan mencoba mengukur kadar adrenalin kita dengan menaklukan downhill yg cukup curam dan countour tanah yg miring vertical dan horisontal.
ImageImage
Secara umum, week end adventure 3 Oct 2009 seluruh biker pada enjoying dengan jalur yg bisa kami resultkan :

Nilai Climbing : 8.5
Nilai Downhill : 8
Skill Level : 8 ( masuk kategori expert )
Adrenalin : 9 ( lebih X-trem sedikit dari jalur ini, saya yakin mayoritas pasti biker PET akan TTB )
View : 9 ( padang savananya mengingatkan saya bukit Teletubis di kawasam Bromo)
ImageImage
Bersyukur kita yg di Bontang mempunyai keindahan alam yg begitu indah, lagi PET menambah 1 jalur yg akan menjadi jalur legendaris kemudian hari


Tidak ada komentar: